Selasa, 11 Oktober 2016

Petugas Sita Puluhan Juta dan Rekening Rp 1 M di Gedung Kemenhub & Barang Bukti Lainnya Hasil OTT Polri di Kemenhub

Petugas Sita Puluhan Juta dan Rekening Rp 1 M di Gedung Kemenhub & Barang Bukti Lainnya Hasil OTT Polri di Kemenhub

http://ligaemas.blogspot.com/2016/10/petugas-sita-puluhan-juta-dan-rekening.html

www.LigaEmas.com Operasi pemberantasan pungli (OPP) di Gedung Karya Kementerian Perhubungan berhasil mengamankan 6 orang. Selain itu Satgas OPP juga mengamankan sejumlah uang tunai sebagai barang bukti.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiono menyatakan, dari lokasi pertama di lantai 6 Gedung Karya, petugas mengamankan Rp 34 juta.

"Terus kita kembangkan lagi dan ada aliran dana ke lantai 12. Di sana kita temukan Rp 61 juta tunai dan juga dalam bentuk tabungan sebesar Rp 1 miliar," ujar Awi kepada wartawan di lokasi, Selasa (11/10).

Menurut Awi, aliran duit tersebut sangat gamblang menyebut siapa penerimanya. Dalam amplop-amplop itu, dituliskan siapa penerima uang pungli.

"6 Orang sudah diamankan, karena uang yang diamankan ini tertulis kepada siapa-siapa. Mengalir ke kasi-kasi dan kasubdit," ujarnya.

OPP sendiri atas informasi dari masyarakat. Satgas OPP merupakan gabungan dari Polda Metro dan Mabes Polri.

Enam orang dibekuk dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar aparat kepolisian di Kementerian Perhubungan. Dua di antaranya merupakan Pegawai Negeri Sipil, satu pegawai swasta dan sisanya pekerja honorer, masing-masing berinisial D, AR, Ad, D, T dan NM.

Tak hanya membekuk enam orang, polisi juga menyita barang bukti berupa uang sebesar Rp 17.270.000. Uang tersebut diamankan dari tersangka AR, PNS golongan 2D.

"Pertama dari PT CIS Rp 400 ribu. Kedua, Pengurusan buku pelaut untuk 35 siswa dari SMK Santa Lusiana Jakarta sebanyak Rp 5 juta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (11/100.

Awi melanjutkan, uang yang diberikan dari PT Sumber Bakat Insani sebanyak Rp 870 ribu mengalir ke Kasubdit Kepelautan Feri Rp 200 ribu, Kasi Pengawakan Gunawan Rp 200 ribu, Abdu Rasid Rp 50 ribu, Pengurusan sijil 50 ribu (seharusnya gratis), pengurusan stempel buku pelaut (sign off) Rp 270 ribu (seharusnya gratis) dan untuk Hendi Rp 100 ribu.

"Keempat, untuk Pak Delsey staf bagian ruangan Rp 5 juta. Kelima, dari Pak Ali untuk pengurusan buku pelaut 5 juta. Keenam, dari PT KSM untuk pengambilan 4 buku pelaut 800 ribu," sambungnya.

Dari tangan T, diamankan uang sebanyak Rp 4,8 juta pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu serta dua buah handphone.

0 komentar:

Posting Komentar